Categories Berita Terkini

TEKNOLOGI MODERN UNTUK OPERASI KATARAK

Teknologi kedokteran semakin canggih. Salah satu teknologi modern dalam operasi katarak dengan menggunakan metode phacoemulsification.

Metode phacoemulsification ini merupakan teknik mengeluarkan lensa karena katarak dengan menggunakan energi ultrasound. Prinsip kerja alat ini seperti alat penghancur jalan raya ‘jack-hammer’.
Katarak merupakan kekeruhan lensa pada mata akibat berbagai proses yang bisa menyebabkan kebutaan.

Pada tahap awal, penderita akan mengalami gangguan penglihatan berupa silau jika terkena sinar, baik dari lampu terang maupun matahari.
Tahap selanjutnya, penderita akan melihat seperti tertutup kabut atau asap. Kemudian, tahap terakhir bagi penderita katarak hanya dapat membedakan antara gelap dan terang. Meski bukan penyakit yang membahayakan jiwa, namun jika katarak sudah lewat tahap hipermature, bisa menimbulkan glaukoma yang berakibat nyeri pada mata.

Teknik modern itu mampu mengeluarkan katarak dengan menggunakan energi ultrasound. Prinsip kerja alat itu seperti mengancurkan penghambat.
Setelah lensa dilembutkan dengan getaran ultrasound 40-60 ribu/menit, maka lensa akan diaspirasi atau disedot ke dalam kaset. Sehingga, lensa akan bersih dengan irisan yang cukup kecil antarra 2.2 mm hingga 2.75 mm.

Keuntungan tektik operasi ini diantaranya waktu opersi cukup singkat, rehabilitasi penglihatan cukup satu bulan (dengan teknik lain biasanya tiga bulan), dan hanya memerlukan bius lokal kecuali kondisi tertentu.
Selain itu, keuntungan lain yakni insisi (irisan) kecil hanya 2 mm, tidak perlu dijahit karena irisan kecil, dan silindris yang ditimbulkan akibat luka akan kecil atau tidak ada sama sekali.

About the author

Leave a Reply