Categories Berita Terkini

PELATIHAN KODING ICD-10 DAN ICD-9-CM KHUSUS BALKESMAS JAWA TENGAH

Koding adalah salah satu kegiatan pengolahan data rekam medis untuk memberikan kode dengan huruf atau dengan angka atau kombinasi huruf dan angka yang mewakili komponen data.

Kegiatan dan tindakan serta diagnosis yang ada dalam rekam medis harus di beri kode dan selanjutnya di indeks agar memudahkan pelayanan pada penyajian informasi untuk menunjang fungsi perencanaan, managemen, dan riset bidang kesehatan.

Jaminan Kesehatan Nasional adalah suatu program pemerintah dengan tujuan untuk memberikan kepastian jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi setiap rakyat indonesia agar dapat hidup sehat, produktif, dan sejahtera. Dalam era BPJS, Coder rekam medik dan dokter harus paham benar ICD 10.

Salah kode diagnosis dalam input data rekam medik, dapat menyebabkan kerugian finansial yang sangat besar. Kode diagnosis yang menjadi yang menjadi salah satu variable penghitungan biaya pelayanan , menghadapi tantangan akibat berlakunya sistem INA CBGs. Sistem INA CBGs yang mengelompokkan ragam penyakit dalam kelompok tertentu menciptakan kesulitan dalam sistem pengkodean diagnosis sehingga berdampak ,pada perhitungan biaya pelayanan kesehatan.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang Coding Rekam Medis, Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Center Of Coding Excellence/PT Bhakti Putra Satmoko menyelenggarakan Pelatihan Coding ICD 9 & ICD 10 Khusus BALKESMAS (Balai Kesehatan Masyarakat) Jawa Tengah pada tanggal 19 & 20 Maret 2015 di Hotel Citradream Semarang.

Dalam pelatihan yang dilaksankan selama dua hari ini menghadirkan beberapa narasumber di antaranya yaitu Dr. Lily Kresnowati,MKes dan Dyah Ernawati, S.Kep, Ners, MKes. Pelatihan Koding ini merupakan pelatihan singkat koding tingkat dasar yang meliputi Pengenalan Klasifikasi dari WHO, ICD-10; Struktur & Isi, Tanda baca, Kode ganda dan kombinasi, Tata cara Koding, Pedoman Pencatatan Diagnosis dalam Rekam medis, Aturan koding morbiditas, Pengenalan ICD-9CM beserta Koding Prosedur Medis,dan general Coding ICD 10.BKIM Provjateng

Leave a Reply