Categories Berita Terkini

FASILITASI TEKNIS DETEKSI GANGGUAN PENGLIHATAN PUSKESMAS DI WONOSOBO

Peningkatan kapasitas petugas Puskesmas dalam melakukan deteksi gangguan penglihatan sangat diperlukan dalam upaya penanggulangan ganguan penglihatan dan kebutaan. Dalam upaya tersebut Balai Kesehatan Indera Masyarakat Provinsi Jaanwa Tengah pada 29 April 2015 bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo, Purbalingga, Temanggung, Banjarnegara dan Banyumas melakukan fasilitasi teknis deteksi gangguan penglihatan di Wonosobo yang diikuti oleh 5 petugas Puskesmas dari masing masing 5 kabupaten tersebut. Pembukaan acara dihadiri oleh Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo dr. Emi Hidayati, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Widi H, BKIM Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Kasubbag Tata Usaha Supardi, SKM., M.Kes, dr. Lesna Yudha Martika, Sriyani, AMK.

Fasilitasi teknis ini juga diperlukan untuk penajaman skrining kasus katarak guna menunjang pelaksanaan operasi katarak yang dilakukan oleh BKIM Provinsi Jawa Tengah yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten dan kota bagi masyarakat yang tidak mampu.

Materi meliputi pengertian katarak, jenis katarak, stadium katarak,penatalaksanaan katarak, persiapan operasi, pre operasi, pemeriksaan paska operasi, perawatan paska operasi. Penjelasan Simulasi tentang pemeriksaan visus: Visus optotipe, hitung jari, lambaian tangan/gerakan, membedakan gelap dan terang , pemberian tetes mata, salep mata, bebat mata, dll.

About the author

BKIM Provinsi Jawa Tengah

Leave a Reply